📌 Selamat Datang di Blog Simamat!

Hai sobat pelajar dan pejuang angka!

Selamat datang di Simamat. Blog edukatif yang hadir untuk membantu kalian belajar matematika dengan cara yang menyenangkan, praktis, dan aplikatif. Blog ini secara khusus menyajikan materi Matematika jenjang SMP sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Baca Selengkapnya →

Latihan Soal Uji Kompetensi Guru

Latihan Soal Uji Kompetensi Guru

Uji Kompetensi Guru (UKG) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan kualitas dan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugasnya. Melalui UKG, kemampuan pedagogik dan profesional guru dievaluasi agar sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hasil uji ini digunakan sebagai dasar pembinaan dan pengembangan kompetensi berkelanjutan. Guru yang kompeten diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Selain itu, UKG juga mendorong guru untuk terus belajar dan meningkatkan diri sesuai perkembangan zaman. Dengan demikian, kualitas pendidikan nasional dapat terus meningkat dan mencetak generasi unggul di masa depan.

Berikut adalah contoh soal Uji Kompetensi Guru

Pilih jawaban yang paling tepat untuk setiap soal. Klik "Cek Skor" setelah selesai!

1. Tes minat dan bakat adalah salah satu cara yang baik untuk mengenali minat dan membantu peserta didik mengoptimalkan bakatnya. Anda ingin mengusahakan tes tersebut tanpa melalaikan tugas dan tanggung jawab anda sebagai guru. Tindakan yang akan anda lakukan adalah ....





2. Anda adalah seorang guru yang telah bekerja di sekolah yang sama selama bertahun-tahun. Sekolah ini berencana untuk mengadopsi teknologi baru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran peserta didik. Namun, sebagian besar guru merasa khawatir tentang perubahan ini dan merasa tidak siap. Upaya yang akan anda lakukan dalam situasi tersebut adalah ....





3. Siang ini datang sebuah pengumuman mengenai diadakannya lomba debat. Pimpinan sekolah menunjuk bu salma yang notabene guru baru di sekolah sebagai penanggung jawab dalam mengirimkan dan mensupervisi peserta didik untuk mengikuti perlombaan. Penanggung jawab sebelumnya adalah bu jehan yang lebih senior dari bu salma. Sebagai guru yang minim pengalaman, bu salma merasa kurang percaya diri. Dalam menghadapi situasi ini, bu jehan sebaiknya ....





4. Sekolah anda baru saja melakukan perubahan dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka belajar. Perubahan tersebut terbilang cukup signifikan bagi anda dan rekan-rekan guru yang lain. Anda masih belajar untuk beradaptasi menyesuaikan dengan metode pembelajaran di kurikulum merdeka. Namun, beberapa rekan guru anda merasa tidak nyaman dengan perubahan ini dan meminta bantuan anda. Upaya yang akan anda lakukan dalam situasi tersebut adalah ....





5. Anda adalah seorang koordinator guru salah satu mata pelajaran di sekolah anda. Terdapat seorang guru baru yang saja bergabung dengan tim pengajar anda. Dia memiliki potensi besar, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, kinerjanya tampak menurun. Anda merasa perlu memberikan bimbingan dan umpan balik untuk membantu dia memperbaiki kinerjanya. Upaya yang akan anda lakukan adalah ....





6. Anda adalah seorang guru yang bertanggung jawab atas pemilihan buku teks pendamping untuk pembelajaran di tahun ajaran baru. Anda memiliki beberapa opsi buku teks yang sesuai dengan kurikulum, tetapi anggaran sekolah terbatas. Cara anda untuk mempertimbangkan buku teks yang akan digunakan adalah ....





7. Tahun ini sekolah anda hanya meraih juara harapan 2 pada peringatan hut pramuka ke 61 di kabupaten anda. Padahal peserta didik dan guru pendamping telah mempersiapkan diri agar mampu mempertahankan juara umum pada tahun sebelumnya. Hal ini membuat mereka kecewa dengan hasil yang diperoleh. Tindakan yang anda lakukan adalah ....





8. Anda adalah seorang guru di sekolah yang memiliki banyak peserta didik dengan tingkat kemampuan yang beragam. Anda baru saja mendengar bahwa seorang peserta didik berkebutuhan khusus akan bergabung di kelas anda. Peserta didik ini memerlukan dukungan ekstra dalam proses belajar. Kepala sekolah telah memberikan pedoman yang jelas untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik tersebut. Upaya yang sebaiknya anda lakukan dalam situasi ini adalah ….





9. Kepala sekolah ingin meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik peserta didik. Selama ini, keringanan biaya sekolah sudah diberikan untuk peserta didik yang menang kejuaraan. Kebijakan baru yang akan anda usulkan untuk meningkatkan prestasi sekolah adalah ....





10. Anda merupakan seorang wali kelas, dan mendapat laporan dari salah satu guru mata pelajaran bahwa seorang peserta didik di kelas anda tidak lulus dalam mengikuti ujian praktikum. Ia akan diberi kesempatan kedua untuk mengikuti ujian setelah gagal ujian sebelumnya. Namun anda mengetahui bahwa peserta didik tersebut akan sangat cemas mendengar informasi tersebut dan ia pun tidak menyukai mata pelajaran tersebut. Upaya akan akan anda lakukan pada situasi tersebut adalah ....





11. Kepala sekolah anda menetapkan capaian prestasi peserta didik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam kebijakan sekolah. Namun, anda merasa bahwa target tersebut tidak cukup ambisius dan anda mengetahui bahwa peserta didik memiliki kemampuan dan dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi daripada target tersebut dengan dukungan yang optimal. Upaya yang akan anda lakukan adalah ….





12. Anda adalah pemimpin rapat kegiatan akhir tahun sekolah yang beranggotakan para guru dan komite sekolah. Terdapat perselisihan dimana komite sekolah mengusulkan hari di luar jam sekolah pada siang hari untuk penutupan, sementara banyak guru mengutamakan penutupan dilaksanakan hari sekolah pada malam hari karena lebih singkat. Untuk mencapai kesepakatan dalam rapat, yang akan anda lakukan adalah ....





13. Anda bertugas menjadi pengawas dalam pelaksanaan asesmen sumatif. Selama tes berlangsung, anda melihat beberapa peserta didik di dalam kelas berbicara dan saling bertukar jawaban. Upaya anda untuk menangani situasi tersebut adalah ....





14. Mgpm bahasa indonesia memperoleh tugas dari kepala sekolah untuk membimbing peserta didik mengikuti lomba esai di o2sn, dan anda ditunjuk sebagai ketua tim. Sekolah anda belum pernah menjadi pemenang dalam perlombaan penulisan esai peserta didik. Sebagai guru bahasa indonesia, anda ingin membawa kemenangan untuk sekolah. Upaya yang akan anda lakukan adalah ….





15. Anda seorang guru yang sedang memberikan materi tentang pendidikan seks untuk remaja. Salah satu peserta didik bertanya tentang topik yang sangat sensitif dan kompleks. Tindakan yang anda lakukan untuk menyederhanakan topik tersebut agar peserta didik dapat memahaminya dengan lebih mudah adalah ....





16. Pekan depan akan dilaksanakan rapat kenaikan kelas. Salah satu peserta didik yang merupakan anak saudara kandung anda terancam tidak naik kelas. Hal ini karena peserta didik tersebut tidak pernah masuk kelas dan juga memiliki sikap yang kurang sopan dengan semua guru. Sikap anda adalah ....





17. Anda sebagai guru diminta untuk menyusun laporan tahunan sekolah untuk diserahkan pada rapat koordinasi antar sekolah di wilayah anda. Namun, anda baru saja mendapatkan informasi dari guru-guru lain di sekolah bahwa ada beberapa masalah yang terjadi di sekolah dalam setahun terakhir yang perlu diungkapkan dalam laporan tersebut. Tindakan yang anda lakukan pada situasi tersebut adalah ....





18. Anda adalah seorang guru di sebuah sekolah menengah dan ingin membantu peserta didik mengembangkan kemampuan mereka dengan memberikan tugas yang menantang. Anda memiliki seorang peserta didik yang menunjukkan potensi tinggi dalam matematika, tetapi dia cenderung malas. Upaya yang akan anda lakukan adalah ....





19. Pak victor memiliki jadwal mengajar di jam kedua setelah upacara. Pagi itu sesampainya di sekolah, ia dipanggil oleh pimpinan untuk dapat meluangkan waktu sekitar pukul 08.00 untuk membicarakan asesmen awal secara massal di sekolah yang sudah termasuk hal urgent. Yang sebaiknya pak victor lakukan adalah ....





20. Tiga tahun berturut-turut pak dhean menjadi ketua panitia ppdb. Tahun pertama terjadi masalah administrasi terkait kelebihan peserta didik yang diterima yang melampaui kuota yang telah disiapkan. Pihak sekolah sudah melakukan evaluasi, namun masalah yang sama masih terjadi di tahun kedua dan ketiga. Tindakan yang anda lakukan adalah ....





21. Nilai asesmen sumatif peserta didik pada mata pelajaran yang anda ampu semester ini menurun. Salah satu peserta didik mengadu kepada guru lain bahwa ada beberapa materi yang belum diajarkan di kelas. Padahal anda merasa telah menjelaskan semua materi yang ada pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (rpp) di kelas anda. Tindakan yang anda lakukan adalah ....





22. Hari ini bmkg mengeluarkan peringatan cuaca buruk hujan badai hingga 3 hari. Beberapa titik di sekitar sekolah anda juga terdapat genangan air karena hujan yang tidak berhenti. Hal ini mengakibatkan peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan berhalangan untuk hadir. Tindakan yang anda lakukan adalah ....





23. Anda adalah seorang guru di sekolah yang memiliki target meningkatkan capaian belajar peserta didik secara signifikan. Anda telah mencoba berbagai metode pembelajaran, tetapi hasilnya belum sesuai dengan target yang ditetapkan. Bagaimana anda akan mengatasi situasi ini dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan efisien?





24. Di sekolah anda, terdapat dua kelompok guru yang memiliki pandangan dan metode pembelajaran yang berbeda. Salah satu kelompok adalah pendukung metode pembelajaran tradisional, sementara kelompok lainnya mendukung pendekatan pembelajaran berbasis teknologi. Kedua kelompok ini seringkali berdebat tentang metode pembelajaran yang lebih baik. Bagaimana anda akan menangani situasi ini?





25. Anda adalah seorang guru di sekolah yang memiliki peserta didik dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan etnis. Beberapa peserta didik sering menghadapi kesulitan dalam berinteraksi dengan peserta didik lainnya yang berbeda latar belakang. Anda ingin menciptakan lingkungan yang mendukung toleransi dan menghargai perbedaan di antara para peserta didik. Upaya yang akan anda lakukan adalah ....





26. Dalam perayaan kemerdekaan indonesia, sekolah akan mengadakan sebuah acara yang condong pada budaya dari mayoritas suku warga sekolah. Hal ini menyebabkan beberapa peserta didik dan guru dari suku lain merasa kurang nyaman. Anda merupakan salah satu panitia acara tersebut, sehingga hal yang sebaiknya anda lakukan adalah ....





27. Sekolah anda menerapkan sebuah aturan yang mana peserta didik tidak boleh membeli jajan di luar sekolah. Hal tersebut tidak diterima oleh masyarakat sekitar, karena dianggap mempersulit mata pencarian mereka. Sehingga banyak masyarakat yang marah setiap kali melihat peserta didik maupun guru di sekolah anda. Hal yang sebaiknya anda lakukan sebagai guru adalah ....





28. Dalam pembelajaran yang dilakukan, salah satu peserta didik memberikan argumentasi berbeda dengan mayoritas peserta didik di kelas. Peserta didik lain terus menyalahkannya hingga seisi kelas ribut, ia tetap mempertahankan argumentasinya meski tidak sesuai dengan materi. Respons anda dalam menghadapi situasi ini adalah ....





29. Anda baru saja mengikuti pelatihan intensif mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik. Namun, fasilitas yang tidak memadai menjadi hambatan dalam menerapkan metode ini. Di sisi lain, berbagai praktik baik telah membuktikan bahwa jika diterapkan, metode ini dapat meningkatkan capaian pembelajaran secara signifikan. Apa tindakan anda?





30. Guru-guru diinstruksikan untuk menggunakan modul ajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Anda menyusun rencana pembelajaran berdasarkan modul ajar tersebut. Terdapat beberapa materi yang membutuhkan beberapa kali pertemuan karena muatan materi yang cukup banyak. Namun, durasi pembelajaran yang tersedia tidak memungkinkan untuk penyampaian keseluruhan materi. Hal ini berdampak pada capaian tujuan pembelajaran. Tindakan anda adalah ....





31. Saat mengajar di sebuah kelas, anda melihat sekelompok peserta didik yang menunjukkan ekspresi kebingungan di wajah mereka. Hal ini menjadi tanda bahwa perlu adanya penjelasan lebih lanjut untuk memastikan semua peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Bagaimana cara anda untuk meningkatkan pemahaman peserta didik?





32. Kondisi keuangan anda yang memburuk mengharuskan anda untuk mencari tambahan penghasilan dengan mengajar di pusat bimbingan belajar. Hasil dari mengajar tambahan tersebut ternyata lebih besar daripada pendapatan utama anda di sekolah. Hal ini mendorong anda untuk mengambil lebih banyak jam mengajar di luar sehingga anda kelelahan. Akibatnya, hal tersebut berpengaruh pada kualitas mengajar saat di sekolah. Apa yang akan anda lakukan?





33. Di awal pembelajaran, anda melakukan asesmen untuk mendeteksi gangguan perkembangan peserta didik yang anda ampu. Setelah hasil asesmen diperoleh, ternyata terdapat peserta didik yang memiliki gangguan perkembangan motorik sehingga kesulitan dalam pembelajaran khususnya yang berhubungan dengan koordinasi fisik. Di sisi lain, mata pelajaran yang anda ampu melibatkan banyak koordinasi fisik. Tindakan yang anda lakukan adalah ....





34. Hasil observasi proses pembelajaran di semester sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus di kelas anda mengalami peningkatan yang tidak signifikan jika dibandingkan dengan peserta didik berkebutuhan khusus di kelas lain. Padahal, anda sudah mencoba berbagai metode belajar untuk keberagaman peserta didik anda. Apa yang anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?





35. Hasil evaluasi anda dari pembelajaran semester lalu menunjukkan banyak peserta didik yang terlambat dan membuat keributan saat belajar. Pada semester ini, tujuan anda adalah peserta didik lebih disiplin dan lebih fokus dalam proses pembelajaran. Apa yang anda lakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut?





36. Saat membahas tentang toleransi dan persatuan dalam konteks pancasila di kelas, seorang peserta didik mengungkapkan pendapat yang kontroversial dan bertentangan dengan nilai-nilai pancasila. Apa yang akan anda lakukan menghadapi situasi ini?





37. Sekolah tempat anda mengajar menerapkan pembelajaran dengan jadwal pelajaran yang padat dan tugas yang menantang sehingga para peserta didik mendapatkan wawasan yang lebih luas terhadap berbagai bidang ilmu. Namun, hal tersebut ternyata menyebabkan peserta didik merasa kelelahan dan stres. Bagaimana anda mengatasi hal ini?





38. Anda dilibatkan dalam tim yang bertugas untuk melakukan kajian hasil asesmen sebagai upaya untuk meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik. Dalam tim ini, anda dipasangkan dengan salah satu rekan guru yang memiliki cara pandang berbeda dengan anda. Anda selalu memiliki pandangan yang berbeda dengannya dalam hal asesmen yang ideal. Apa yang akan anda lakukan?





39. Dalam diskusi kurikulum pendidikan untuk peserta didik, anda mendapatkan masukan dari salah satu guru bahwa peserta didik merasa materi yang diajarkan dalam program susah dipahami. Guru memberikan masukan bahwa masalah itu disebabkan oleh kurangnya gambaran konkret yang tampak secara visual. Padahal, anda menerapkan lebih banyak metode diskusi untuk memancing situasi interaktif di kelas. Tindakan anda adalah ....





40. Anda adalah guru baru yang mendapatkan bantuan dari guru lain untuk menentukan desain pembelajaran yang tepat untuk peserta didik yang anda ampu berdasarkan pengalamannya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, desain pembelajaran anda kurang sesuai dengan kondisi peserta didik. Tindakan anda adalah ....





41. Pada awalnya, santi adalah peserta didik yang aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, dalam beberapa pertemuan terakhir santi terlihat kurang bersemangat dan keaktifannya di kelas juga menurun. Akibatnya, hasil ujian akhir semesternya kurang baik. Apa yang akan anda lakukan dalam situasi tersebut?





42. Dalam pertemuan rutin komunitas guru, permasalahan yang sering muncul dan mendapat perhatian adalah metode penilaian yang efektif dan adil untuk peserta didik. Banyak guru menceritakan bahwa penilaian sering kali didasarkan pada penilaian subjektif. Mereka merasa sulit untuk memberikan umpan balik yang khusus dan membangun. Bagaimana solusi anda dalam hal ini?





43. Ketika mengajar di kelas, hampir seluruh siswa kelas meminta anda mengajarkan materi pembelajaran yang lalu karena ingin mendalaminya dengan spesifik dan mempraktikannya secara rinci. Namun, anda menerima teguran karena materi pembelajaran kelas ini sudah tertinggal. Apa yang anda lakukan pada situasi tersebut?





44. Anda menugasi peserta didik untuk membuat projek kelompok selama satu bulan sebagai penilaian ujian akhir semester. Pada saat pelaksanaan, banyak peserta didik yang mengeluh kekurangan waktu untuk menyelesaikan projek tersebut. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan untuk menangani masalah tersebut?





45. Semester ini, di kelas anda terdapat beberapa peserta didik baru yang berasal dari luar daerah. Ia memiliki kesulitan kemampuan komunikasi. Catatan pembelajaran sebelumnya menunjukkan bahwa beberapa peserta didik tersebut cukup tertinggal dari peserta didik lain. Di sisi lain, selama ini anda telah menggunakan metode belajar diskusi yang mengharuskan setiap peserta didik aktif dalam pembelajaran. Tindakan anda adalah ....





46. Anda melakukan analisis terhadap minat peserta didik di kelas yang anda ampu. Hasil analisis anda menunjukkan bahwa beberapa peserta didik memiliki minat yang cukup besar pada topik tertentu yang tidak sepenuhnya tercakup dalam kurikulum yang berlaku. Bagaimana anda akan mengelola minat mereka dengan tetap memperhatikan pemenuhan kebutuhan belajar yang ditetapkan?





47. Salah satu peserta didik di kelas anda sering tidak masuk kelas ketika hari sekolah berada di antara hari libur (hari kejepit) dengan alasan sakit. Akan tetapi, salah satu rekannya mengatakan bahwa status media sosial peserta didik tersebut memperlihatkan aktivitas berlibur bersama keluarganya. Bagaimana anda mengatasi hal tersebut?





48. Saat penerimaan rapor, anda membagikan hasil asesmen peserta didik kepada orang tua mereka masing-masing. Saat pertemuan dengan orang tua, anda mendapat keluhan terkait hasil asesmen yang kurang detail karena kurang menjelaskan karakteristik kemampuan anak mereka. Padahal, hasil asesmen tersebut sudah sesuai dengan prosedur dari sekolah. Apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?





49. Anda menghadapi orang tua peserta didik yang kesulitan memahami isi laporan capaian belajar peserta didik, dan sempat menyampaikan protes bahwa seharusnya format laporan tidak perlu dibuat kompleks. Di sisi lain, anda memiliki wewenang yang terbatas untuk mengganti format laporan tersebut. Apakah yang anda lakukan?





50. Peserta didik di kelas anda menunjukkan daya tangkap yang cepat dalam memahami materi-materi baru. Akan tetapi, anda menilai interaksi di kelas hanya berjalan searah karena peserta didik kurang aktif dalam mengemukakan pertanyaan atau memberikan pendapat. Sejauh ini anda sudah mencoba memantik keaktifan peserta didik melalui sesi tanya jawab setelah pemberian materi. Namun, mereka tidak banyak memberikan respons. Apa yang akan anda lakukan?





51. Anda mendapat keluhan dari peserta didik terkait sumber belajar yang digunakan. Mereka mengeluhkan buku yang digunakan memiliki bahasa yang sulit dimengerti khususnya pada istilah-istilah ilmiah. Anda menjelaskan kepada peserta didik dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. Akan tetapi, hal tersebut membuat menurunnya minat baca peserta didik. Tindakan anda adalah ....





52. Dalam penyusunan laporan belajar seluruh peserta didik, anda ingin membuat laporan yang lebih rinci, sistematis, dan informatif. Hal itu dilakukan karena semester sebelumnya orang tua peserta didik merasa laporan yang anda buat kurang spesifik. Namun, setelah anda pelajari, untuk bisa membuat laporan seperti itu anda harus membaca catatan perilaku setiap peserta didik dari semua guru pengampu dan hal tersebut membutuhkan waktu lama. Sementara itu, terdapat batas waktu penyelesaian laporan yang cukup singkat. Bagaimana tindakan anda selanjutnya?






53. Saat mengajar, anda menemukan beberapa peserta didik yang sering kali mengalami kesulitan dalam mempertahankan konsentrasi di dalam kelas. Peserta didik tersebut mudah teralihkan dan sering kali melupakan tugas-tugasnya. Orang tua mereka juga mengatakan bahwa mereka makin sulit diarahkan untuk belajar di rumah. Bagaimana sikap anda?






Hasil Kuis Anda

Skor Anda: 0 dari 0

Latihan Ulangan Online

Deskripsi: 

Selamat Datang di Ulangan Online 

Latihan ulangan ini disusun sebagai bentuk persiapan siswa dalam menghadapi penilaian harian maupun ulangan semester. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman konsep matematika, memperkuat keterampilan berhitung, serta melatih kemampuan analisis dan penalaran logis dalam menyelesaikan soal-soal. 

Dengan latihan yang terstruktur dan berkelanjutan, diharapkan siswa dapat mencapai hasil belajar yang optimal dan memperoleh nilai yang memuaskan. Mari manfaatkan latihan ulangan ini sebagai langkah strategis untuk meraih nilai terbaik dalam matematika dan membangun fondasi logika yang kuat bagi jenjang pendidikan selanjutnya. Mulai Ulangan - Matematika

Silahkan mengikuti ulangan. Pastikan kamu membaca setiap soal dengan saksama dan menjawab dengan benar.

Setelah Anda siap, klik tombol di bawah ini untuk memulai ulangan.

Mengenal Tanaman Kangkung

Apa itu Tanaman kangkung? 

Kangkung adalah sejenis tanaman sayuran yang biasa ditemukan di Asia dan Afrika, dan tumbuh sebagai tanaman air. Daun dan batangnya biasanya dimakan sebagai sayuran dan memiliki rasa yang lembut dan sedikit bitter.

Kandungan Tanaman Kangkung

Kangkung mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan K, besi, kalsium, dan asam folat. Kangkung juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan. Ini juga rendah kalori dan mengandung sedikit lemak dan karbohidrat, membuatnya menjadi pilihan makan yang baik bagi mereka yang ingin mengontrol berat badan mereka

Operasi Hitung pada Bilangan Pecahan


Melakukan Operasi Hitung pada Bilangan pecahan

1. Penjumlahan pada Bilangan Pecahan

➤ Penjumlahan pada pecahan biasa

a. Penjumlahan pada pecahan dengan penyebut sama.

Jika penyebut kedua pecahan sama, maka pembilangnya dapat langsung dijumlahkan.

Contoh:

  • $\frac{1}{4}+\frac{2}{4}=\frac{1+2}{4}=\frac{3}{4}$
  • $\frac{2}{8}+\frac{3}{8}=\frac{2+3}{8}=\frac{5}{8}$

b. Penjumlahan pada pecahan dengan penyebut berbeda.

Jika penyebut kedua pecahan berbeda, maka penyebutnya harus disamakan, kemudian pembilangnya dapat langsung dijumlahkan.

Contoh:

1) Hitunglah $\frac{1}{4}+\frac{2}{5}= $ ...

Penyelesaian:

- Pertama-tama kita samakan penyebut

$\frac{1\times5}{4\times5}+\frac{2\times4}{5\times4}=\frac{5}{20}+\frac{8}{20}$

- Kemudian jumlahkan pembilangnya

$=\frac{5+8}{20}=\frac{13}{20}$

∴ Jadi $\frac{1}{4}+\frac{2}{5}=\frac{13}{20}$

 

2) Hitunglah $\frac{1}{3}+\frac{2}{4}= $ ...

Penyelesaian:

- Pertama-tama kita samakan penyebut

$\frac{1\times4}{3\times4}+\frac{2\times3}{4\times3}=\frac{4}{12}+\frac{6}{12}$

- Kemudian jumlahkan pembilangnya

$=\frac{4+6}{12}=\frac{10}{12}$

 ∴ Jadi $\frac{1}{3}+\frac{2}{4}=\frac{10}{12}$

Cara lain menyamakan penyebut yang tidak sama yaitu dengan mencari KPK dari penyebut-penyebutnya. 

Contoh:

Hitunglah $\frac{2}{3}+\frac{2}{6}= $ ...

Penyelesaian:

Pertama, carilah KPK dari kedua penyebutnya.

KPK dari 3 dan 6 adalah 12, sehingga perhitungannya menjadi: 

$\frac{2}{3}+\frac{2}{6}=\frac{2\times4}{3\times4}+\frac{2\times2}{6\times2}$

$=\frac{8}{12}+\frac{4}{12}=\frac{8+4}{12}$

$=\frac{12}{12}=1$

∴ Jadi $\frac{2}{3}+\frac{2}{6}=1$

 ➤ Penjumlahan pada pecahan campuran

Pada pecahan campuran berlaku:

1)  $ a \frac{b}{c}= a + \frac{b}{c}$

Contoh:

$1\frac{3}{5}=1+\frac{3}{5}$.

2) Apabila penyebutnya sudah sama, penjumlahan bisa langsung dilakukan:

Contoh:

$5\frac{2}{5}+4\frac{1}{5}=5+\frac{2}{5}+4+\frac{1}{5}$

$=5+4+\frac{2}{5}+\frac{1}{5}=9+\frac{2+1}{5}$

$=9+\frac{3}{5}=9\frac{3}{5}$

3) Apabila penyebutnya tidak sama, maka harus disamakan dulu 

Contoh:

$1\frac{2}{5}+3\frac{1}{6}=1+\frac{2}{5}+3+\frac{1}{6}$

$=1+3+\frac{2}{5}+\frac{1}{6}=4+\frac{2×6}{5×6}+\frac{1×5}{6×5}$

$=4+\frac{12}{30}+\frac{5}{30}=4+\frac{12+5}{30}$

$=4\frac{12+5}{30}=4\frac{17}{30}$

➤ Penjumlahan pada pecahan desimal

Dengan cara bersusun pendek, tanda koma lurus ke bawah 

Contoh:

0 ,75 + 0,655 = ....

Penyelesaian:

0 ,750 + 0 ,655 = 1,405

2. Pengurangan pada Bilangan Pecahan

Pengurangan pada pecahan kurang lebih sama dengan penjumlahan pada pecahan. Yang membedakan hanya pada operasinya.

Contoh:

$5\frac{2}{5} - 4\frac{1}{5}=(5+\frac{2}{5}) - (4+\frac{1}{5})$

$=(5 - 4)+(\frac{2}{5} - \frac{1}{5})=1+(\frac{2-1}{5})$

$=1+\frac{1}{5}=1\frac{1}{5}$

 

3. Perkalian pada Bilangan Pecahan

➤ Perkalian bilangan Bulat dengan bilangan Pecahan

Apabila bilangan pecahan dikalikan dengan bilangan bulat, maka pembilangan pecahan dikalikan dengan bulangan bulat tersebut. 

contoh: 

$2\times \frac{3}{7}=\frac{2\times 3}{7}=\frac{6}{7}$

$\frac{3}{7}\times2 =\frac{3\times 2}{7}=\frac{6}{7}$

➤ Perkalian bilangan Pecahan dengan bilangan Pecahan 

Perkalian pada pecahan biasa dilakukan dengan mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut.

contoh: 

$\frac{2}{3} \times \frac{3}{5}=\frac{2\times 3}{3\times5}=\frac{6}{15}$

$\frac{a}{b} \times \frac{c}{d}=\frac{a\times c}{b\times d}=\frac{ac}{bd}$

4. Pembagian pada Bilangan Pecahan

➤  Pembagian pada pecahan biasa

1) Apabila pecahan biasa dibagi dengan pecahan biasa, maka hasilnya adalah perkalian pecahan biasa yang dibagi dengan kebalikan dari pecahan pembagi

$\frac{a}{b} : \frac{c}{d}=\frac{a}{b} \times \frac{d}{c}=\frac{a\times d}{b\times c}=\frac{ad}{bc}$

Contoh

$\frac{3}{4} : \frac{2}{4}=\frac{3}{4} \times \frac{4}{2}=\frac{3\times 4}{4\times 2}=\frac{12}{8}$

2) Apabila pecahan biasa dibagi dengan bilangan asli, maka 

$\frac{a}{b} : {c}=\frac{a}{b} \times \frac{1}{c}=\frac{a\times 1}{b\times c}=\frac{a}{bc}$

contoh: 

$\frac{1}{3} : {6}=\frac{1}{3} \times \frac{1}{6}=\frac{1\times 1}{3\times 6}=\frac{1}{18}$

3) Apabila bilangan asli dibagi dengan pecahan biasa: 

${c} : \frac{a}{b}={c} \times \frac{b}{a}=\frac{c\times b}{a}=\frac{cb}{a}$


contoh:

${4} : \frac{5}{3}={4} \times \frac{3}{5}=\frac{4\times 3}{5}=\frac{12}{5}$

➤  Pembagian pada pecahan campuran

Mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa dulu

Mengenal Bilangan Pecahan, Jenis-jenis Pecahan, Persen, dan Permil, dan mengubah Bentuk Pecahan

Apa itu Bilangan Pecahan?

Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut, secara umum bentuk pecahan dapat ditulis dalam bentuk sebagai berikut:

$\frac{a}{b}$ 

Keterangan: 

  • b ≠ 0 (b tidak boleh sama dengan nol)
  • a = disebut Pembilang 
  • b = disebut Penyebut

Jenis-jenis
bilangan Pecahan

a. Pecahan Biasa

Adalah pecahan dengan pembilangnya lebih kecil dari penyebut ($\frac{a}{b}$ ; a < b)

contoh:

$\frac{2}{3}$ , $\frac{5}{9}$ , $\frac{3}{8}$

b. Pecahan Campuran

Adalah pecahan dengan pembilangnya lebih besar dari penyebut ($\frac{a}{b}$ ; a > b)

Contoh:

  • $\frac{7}{5}= 1\frac{2}{5} $
  • $\frac{9}{8}= 1\frac{1}{8} $
  • $\frac{20}{11}= 1\frac{9}{11} $

c. Pecahan Desimal

Pecahan desimal adalah pecahan yang dalam penulisannya menggunakan tanda koma.

contoh: 0,5 ; 1,75 ; 2,5

Bentuk desimal dapat diubah ke pecahan biasa atau campuran dengan menggeser tanda koma ke arah kanan dengan memperhatikan persepuluhan, perseratusan, perseribuan dst.

contoh;

bentuk pecahan dari 0,5

tanda koma digeser kekanan 1 kali sehingga 0,5 menjadi 5, pergeseran sebanyak 1 kali, maka nilai hasil pergeseran dikalikan dengan persepuluhan menjadi:

$0,5=5\times\frac{1}{10}=\frac{5\times1}{10}=\frac{5}{10}=\frac{1}{2}$

 

bentuk pecahan dari 1,75

tanda koma digeser kekanan 2 kali sehingga 1,75 menjadi 175 pergeseran sebanyak 2 kali, maka nilai hasil pergeseran dikalikan dengan perseratusan menjadi:

$1,75=175\times \frac{1}{100}=\frac{175}{100}=\frac{100+75}{100}=\frac{100}{100}+\frac{75}{100}=1+\frac{3}{4}=1\frac{3}{4}$

d. Pecahan Persen

Adalah pecahan yang menggunakan lambang % (persen), yang berarti perseratus. a% berarti $\frac{a}{100}$

Mengubah bentuk persen menjadi pecahan biasa

  • 25% = $\frac{a}{100}$ = $\frac{1}{4}$

Mengubah bentuk persen menjadi pecahan desimal

  • 35 % = $\frac{35}{100}$ = 0,35

Mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen

  • $\frac{3}{4}=\frac{3}{4}\times100%=75%$
  • $\frac{10}{25}=\frac{10x4}{25x4}=\frac{40}{100}=40%$
  • $\frac{225}{500}=\frac{225:5}{500:5}=\frac{45}{100}=45%$

e. Pecahan permil

Adalah Pecahan yang menggunakan lambang 0/00 yang berarti perseribu a 0/00 ( a permil) $\frac{a}{1000}$

Contoh :

20 0/00 = $\frac{20}{1000}$ = 2%

Operasi pada Bilangan Bulat dan Contohnya


Apa apa saja operasi pada bilangan bulat? 

Dalam matematika, operasi didefinisikan sebagai perlakuan terhadap sebuah bilangan, yakni berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

1. Operasi Penjumlahan 

Dalam menjumlahkan dua bilangan bulat atau lebih, perhatikan ketentuan ini.

Jika kedua bilangan bertanda sama (sama-sama positif atau sama-sama negatif), hasilnya menggunakan tanda yang sama dengan kedua bilangan bulat yang ditambahkan. Contoh:

5 + 6 = 11

-7 + (-2) = -9

Jika kedua bilangan bertanda berlawanan (salah satu positif dan yang lainnya negatif), kurangi bilangan yang bernilai lebih besar dengan bilangan bernilai lebih kecil tanpa memperhatikan tanda. Kemudian hasilnya menggunakan tanda sesuai bilangan yang bernilai lebih besar. Contoh:

8 + (-3) = 5

-19 + 7 = -12

20 + (-23) = -3

Baca artikel detikjabar, "Operasi Hitung Bilangan Bulat, Contoh Soal, dan Pembahasannya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6227586/operasi-hitung-bilangan-bulat-contoh-soal-dan-pembahasannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Dalam menjumlahkan dua bilangan bulat atau lebih, berlaku

jika kedua bilangan bertanda sama (sama-sama positif atau sama-sama negatif), hasilnya menggunakan tanda yang sama dengan kedua bilangan yang ditambahkan.

    Contoh:

  • 7 + 8 = 15
  • (-7) + (-8) = (-15)

Jika kedua bilangan bertanda berlawanan (salah satu positif dan yang lainnya negatif), kurangi bilangan yang bernilai lebih besar dengan bilangan bernilai lebih kecil tanpa memperhatikan tanda. Kemudian hasilnya menggunakan tanda yang sama dengan bilangan yang bernilai lebih besar.

    Contoh: 

19 + (-7) = ...
= 19 - 7
= 12
Jadi  19 + (-7) = 12


(-17) + 7 = ...
= - (17 - 7)
= -10 
Jadi (-17) + 7 = -10


9 + (-17) = ...
= - (17 - 9)
= - 8 
Jadi  9 + (-17) = -8
 

2. Operasi Pengurangan

Operasi pengurangan merupakan kebalikan dari operasi penjumlahan. Suatu bilangan bulat dikurang dengan suatu bilangan, bisa lebih kecil atau lebih besar. Untuk setiap bilangan bulat a dan b, maka berlaku: a - b = a + (-b)

Contoh:

15 - 7 = 15 + (-7) 
= 8

 

7 - 15 = 7 + (-15) 
= - (15 - 7) 
= -8

3. Operasi Perkalian

Perkalian adalah operasi penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama. Dalam operasi perkalian, berlaku prinsip:

n x a = a+ a + a + a + ... + a (sebanyak n suku)

Contoh:

4 x 4 = 4 + 4 + 4 + 4 = 16

Operasi perkalian juga memiliki aturan, yakni:

Baca artikel detikjabar, "Operasi Hitung Bilangan Bulat, Contoh Soal, dan Pembahasannya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6227586/operasi-hitung-bilangan-bulat-contoh-soal-dan-pembahasannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Perkalian adalah operasi penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama. Operasi perkalian mengikuti prinsif:

n × a = a + a + a + ... + a ; (pengulangan + a berulangan sebanyak n kali)

Contoh:

  • 4 × 5 = 5 + 5 + 5 + 5 = 20
  • 4 × 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
Pada operasi perkalian berlaku prinsif:
  • a × b = b × a 
  • (-a) × b = - (a × b)
  • a × (-b) = - (a × b)
  • (-a) × (-b) = a × b

Contoh:

  1. 5 × 8 = 8 × 5 = 40 
  2. (-5) × 8 = - (5 × 8) = -40
  3. 5 × (-8) = - (5 × 8) = -40
  4. (-5) × (-8) = 5 × 8 = 40

4. Operasi Pembagian

Operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Operasi pembagian dapat dilakukan dengan mengurangkan berulang suatu bilangan dengan bilangan lain.

Misalnya 25 : 5 = ...

    25 - 5 = 20
    20 - 5 = 15
    15 - 5 = 10
    10 - 5 = 5
    5 - 5 = 0

Jadi 25 : 5 = 5.

Untuk setiap a, b, c bilangan bulat, dan b ≠ 0, dan memenuhi a : b = c, berlaku:

  • a ÷ b = c
  • (-a) ÷ b = - c
  • a ÷ (-b) = - c
  • (-a) ÷ (-b) = c
Contoh:
  1. 60 ÷ 5 = 12
  2. (-60) ÷ 5 = - 12
  3. 60 ÷ (-5) = - 12
  4. (-60) ÷ (-5) = 12
 
Operasi Penjumlahan

Baca artikel detikjabar, "Operasi Hitung Bilangan Bulat, Contoh Soal, dan Pembahasannya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6227586/operasi-hitung-bilangan-bulat-contoh-soal-dan-pembahasannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Operasi Penjumlahan

Baca artikel detikjabar, "Operasi Hitung Bilangan Bulat, Contoh Soal, dan Pembahasannya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6227586/operasi-hitung-bilangan-bulat-contoh-soal-dan-pembahasannya.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/